BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan adalah suatu proses pembentukan karakter
manusia, yang sangat perlu akan kehadirannya, oleh karena itu maju mundurnya
bangsa tergantung pada pendidikan dasar yang merupakan pondasi utama untuk
mendapatkan pendidikan selanjutnya.
SD
Negeri RA KARTINI salah satu lembaga pendidikan, sejak berdirinya sekolah
tersebut senantiasa memberikan pendidikan dan pengajaran terhadap siswa-siswanya, untuk tahun pembelajaran 2017/2018 akan
mengevaluasi murid kelas I sampai dengan VI
dengan pelaksanaan Penilaian Tengah Semester I ( PTS I ) dalam persiapan menempuh Penilaian Akhir
Semester I ( PAS I )
Hal
ini merupakan tolak ukur sejauh mana materi yang terkandung dalam kurikulum
sekolah dasar telah diserap dan dikuasai oleh siswa. Untuk itu dalam
pelaksanaan tersebut, menimbang perlu persiapan dari mulai perencanaan,
pelaksanaan dan diakhiri dengan pelaporan, agar dapat berlangsung dengan baik.
B. Landasan kerja
Penyusunan
program Penilaian Tengah Semester I (PTS I))
Kelas
I sampai dengan VI di SD Negeri RA KARTINI tahun pembelajaran 2017/2018 berdasarkan kepada :
1.
Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Standar
Pendidikan Nasional.
2.
Undang-undang nomor 22 tahun 1999 tentang pemerintah daerah.
3.
Keputusan Mendiknas nomor 056/U/2001 tentang pedoman pembiayaan
penyelenggaraan pendidikan di sekolah.
4.
Keputusan Mendiknas nomor 114/U/2001 tentang penilaian hasil belajar
secara nasional.
5.
Permendiknas No. 144 tahun 2014 tentang pelaksanaan Ujian Sekolah
dan Madrasah tahun 2016.
6.
Keputusan Kepala SD Negeri RA KARTINI No. 009 tanggal 23 September 2017 tentang
pelaksanaan dan kepanitiaan kegiatan Penilaian Tengah Semester I (PTS I) Tahun Ajaran 2017/2018.
C.
Tujuan dan Fungsi
Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester I) Kelas I sampai dengan VI tahun
pembelajaran 2017/2018 di SD Negeri RA KARTINI memiliki tujuan dan fungsi
sebagai berikut :
a.Tujuan
1. Mendorong proses pembelajaran agar dilaksanakan sesuai
dengan kurikulum dan daya serap siswa.
2. Sebagai tolak ukur siswa dalam menempuh Ujian Sekolah
/ Madrasah.
b.
Fungsi
1. Salah satu fungsi Penilaian Tengah Semester I (PTS I ) adalah sebagai acuan guru dalam melaksanakan
proses pembelajaran agar dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
2. Mengetahui hasil / standar mutu pendidikan di SD
Negeri RA KARTINI dengan satuan pendidikan lain.
D. Sistematika
Program kerja pelaksanaan Penilaian Tengah Semester I
(PTS I) Kelas
I s.d VI di SD Negeri RA KARTINI pada tahun pembelajaran 2017/2018
disusun dengan sistematika
sebagai berikut :
1) Bab I : Pendahuluan
Meliputi penjelasan mengenai latar
belakang kegiatan, landasan kerja, tujuan dan fungsi dari kegiatan, dan
sistematika disusunnya program kerja kegiatan.
2) Bab II :
Tahap Persiapan
Meliputi perumusan dan penetapan
struktur panitia kerja pelaksana kegiatan, susunan panitia, dan rincian tugas
yang dilimpahkan kepada panitia menurut susunan kepanitiannya.
3) Bab III :
Tahap Pelaksanaan
Meliputi paparan jenis tes, mata
pelajaran yang diujikan, alokasi waktu pada pelaksanaan kegiatan, lampiran
daftar peserta didik yang mengikuti kegiatan, jadwal pelaksanaan kegiatan, tata
tertib peserta didik, denah ruang pelaksanaan kegiatan, tata tertib pengawas
kegiatan, kode bunyi bel/lonceng, serta mekanisme pelaporan hasil pelaksanaan
kegiatan.
4) Bab IV :
Anggaran Dan Rincian Biaya
Meliputi rincian penerimaan anggaran
dana pelaksanaan kegiatan serta rincian penggunaan anggaran pelaksanaan
kegiatan yang dapat dipertanggung jawabkan.
5) Bab V : Penutup
Meliputi paparan simpulan yang didapat
dari pelaksanaan kegiatan dan saran mengenai hal yang perlu ditingkatkan dan
dapat menjadi acuan pada pelaksanaan kegiatan selanjutnya
BAB II
TAHAP PERSIAPAN
A. Stuktur Organisasi Panitia
Struktur organisasi pelaksana
kegiatan Penilaian Tengah Semester I (PTS I)
Kelas I
s. d VI tahun pembelajaran 2017/2018 di SD Negeri RA
KARTINI dibentuk berdasarkan
hasil rapat sekolah yang diikuti oleh kepala
sekolah dan guru.
B. Susunan panitia
Berdasarkan hasil rapat Kepala Sekolah dan Guru-guru
SD Negeri RA KARTINI pada
tanggal 23
September 2017
telah terbentuk susunan kepanitiaan untuk
pelaksanaan Penilaian Tengah Semester I (PTS I)
Kelas
VI tahun
pembelajaran 2017/2018sebagai berikut :
1. Ketua Penyelenggara : IKA
KARNIKA, S.Pd
2. K e t u a : HUSEN, S.Pd
3. Sekretaris :
SUHARJA, S.Pd.I
4. Bendahara : ELA NURLAELA, S.Pd
5. Anggota : ENDANG
RACHMAT SUGANDA, S.Pd
SAOMAN,
S.Pd
IMAS
IDA SUANGSIH, S.Pd,I
YOYO
SUNARYO
ETI
NURHAETI, S,Pd
AINUL
YAQIN
C. Rincian Tugas
Panitia
1. Penanggung jawab
a.
Bertanggung jawab atas keseluruhan kegiatan yang berhubungan dengan
pelaksanaan Penilaian Tengah Semester I (PTS I)
Kelas VI .
b.
Membentuk kelompok kerja Penilaian Tengah Semester I (PTS I) Kelas VI Tahun
Pembelajaran 2016/2017 .
c.
Memberikan garis kebijakan dalam pembagian tugas panitia.
d.
Mengarahkan, membimbing dan mengawasi secara umum pelaksanaan
PTS
I Kelas I sampai dengan VI mulai dari perencanaan sampai dengan
pelaporan.
2. Ketua
a.
Mengkoordinasi serta mengatur mekanisme kerja untuk kelancaran serta
keharmonisan kerja panitia.
b.
Melaksanakan semua instruksi dan petunjuk dari Kepala Sekolah selaku
penanggung jawab program kegiatan.
c.
Bersama anggota yang ditunjuk sebagai penyusun program kerja.
d.
Melaksanakan serta memberi arahan secara langsung kepada anggota
panitia.
e.
Bersama Kepala Sekolah dan panitia untuk menyusun anggaran.
f.
Mengkonsultasikan pelaksanaan Penilaian Tengah
Semester I (PTS I) Kelas I sampai dengan VI kepada Kepala Sekolah selaku penanggung
jawab.
3. Sekretaris
a.
Menyiapkan dan menangani kelengkapan administrasi serta sarana yang
diperlukan
dalam menyelenggarakan kegiatan Penilaian Tengah
Semester I (PTS I) Kelas VI
b.
Mengatur dan menyusun pengadaan soal.
c.
Menginventarisasikan dokumen / arsip yang berkaitan dengan pelaksanaan
dan
penyelenggaraan Penilaian
Tengah Semester I (PTS I) Kelas VI
4. Bendahara
a.
Bersama Kepala Sekolah dan ketua untuk menyusun rencana anggaran.
b.
Membuat laporan pertanggung jawaban keuangan atas penyelenggaraan Try
Out
5. Anggota
a.
Menyiapkan kelengkapan yang diperlukan dalam pelaksanaan Penilaian
Tengah Semester I (PTS I)
b.
Mengisi format-format administrasi yang telah dipersiapkan oleh panitia.
c.
Mengatur ruangan untuk pelaksanaan Penilaian
Tengah Semester I (PTS I) Kelas VI .
d.
Melaksanakan kegiatan lain yang berhubungan dengan pelaksanaan Penilaian
Tengah Semester I (PTS I) Kelas VI .
BAB III
TAHAP PELAKSANAAN
A. Jenis Tes
Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester I (PTS I) Kelas VI Tahun pembelajaran 2017/2018yang
dilaksanakan serentak kegiatan dengan jadwal
terlampir di SD Negeri RA KARTINI adalah tes tertulis.
Dengan ketentuan naskah soal dan
lembar jawaban berasal dari tim penyusun soal tingkat kabupaten.
B. Mata Pelajaran Yang Diujikan antara lain :
1.
Pendidikan Agama Islam
2.
Pendidikan Kewarga Negaraan
3.
Bahasa Indonesia
4.
Matematika
5.
IPA
6.
IPS
7.
Seni Budaya
8.
PJOK
9.
Bahasa Sunda
10. Bahasa Inggris
11. PLH
C.
Alokasi Waktu
Alokasi waktu
yang disediakan tiap mata pelajaran yang diujikan adalah 90 menit untuk mata pelajaran yang
diujikan.
D. Pengawasan
Pengawasan
ruang untuk kegiatan Penilaian
Tengah Semester I (PTS I) Kelas I sampai dengan kelas VI dilakukan oleh guru-guru yang telah diatur
untuk jadwal pengawasan terlampir pada buku administrasi Penilaian Tengah Semester I (PTS I) Kelas I sampai dengan VI Tahun Pembelajaran 2017/2018 .
E.
Jadwal Kegiatan Penilaian Tengah Semester I (PTS I) Kelas VI
No
|
Hari / Tanggal
|
Jam ke
|
Mata Pelajara
|
1
|
Senin, 25 September 2017
|
1
|
PAI
|
2
|
PKn
|
||
2
|
Selasa, 26 September 2017
|
1
|
Bahasa Indonesia
|
2
|
IPA
|
||
3
|
Rabu, 27 September 2017
|
1
|
Matematika
|
2
|
IPS
|
||
4
|
Kamis, 28 September 2017
|
1
|
Bahasa Sunda
|
2
|
PLH
|
||
5
|
Jumat, 29 September 2017
|
1
|
Bahasa Inggris
|
2
|
|||
6
|
Jumat, 30 September 2017
|
1
|
PJOK
|
2
|
F. Tata Tertib
Peserta Penilaian Tengah Semester I (PTS I) Kelas VI
a) 15
Menit Sebelum Tes Dimulai Peserta Harus Sudah Datang.
b) Dilarang
Masuk Ruangan Sebelum Ada Ijin Dari Pengawas.
c) Peserta
Yang Terlambat Hadir Harus Lapor Dulu Kepada Pengawas.
d) Sebelum
Masuk Ruangan Harus Memperhatikan :
1). Bel Berbunyi
1 X Naskah Dibagikan.
2). Bel Berbunyi
2 X Mulai Mengerjakan Soal.
3). Bel Berbunyi
3 X Selesai Mengerjakan Soal.
e) Dilarang
Membawa Senjata Tajam / Api Ke Dalam Ruangan.
f) Dilarang
Membawa Catatan Kedalam Ruangan.
g) Dilarang
Mengerjakan Soal Sebelum Bel Berbunyi.
h) Tulislah
Terlebih Dahulu Nama Dan Kelas Pada Tempat Yang Telah
disediakan.
i)
Tidak Boleh
Bertanya Kepada Teman Atau Siapapun Mengenai Isi Soal.
j)
Apabila Ada Soal
Yang Kurang Jelas Tanyakan Kepada Pengawas.
k) Peserta
Yang Telah Mengerjakan Soal, Kemudian Meninggalkan Ruangan Sebelum Waktunya Dianggap Telah
Menyelesaikan Pekerjaannya.
l)
Apabila Ada
Keperluan Ke Belakang Harus Ada Ijin Dari Pengawas.
m) Apabila
Pekerjaan Sudah Selesai Sebelum Waktunya, Pekerjaan Tersebut Harus Diserahkan
Kepada Pengawas.
n) Apabila
Waktu Mengerjakan Soal Telah Selesai, Pekerjaan Ditinggalkan Diatas Meja Masing-Masing.
o) Apabila
Melanggar Tata Tertib Ini Akan Dikenakan Sanksi.
G. Denah Lokasi Penilaian
Tengah Semester I (PTS I) Kelas I s.d VI
SDN RA KARTINI
DENAH RUANGAN PELAKSANAAN
PENILAIAN TENGAH SEMESTER I (PTS I) KELAS I s,d VI
|
H. Kode
Bunyi Bel / Lonceng
1. Bel tiga kali :
Masuk ruangan
2. Bel satu kali : Membagikan Soal
3. Bel Dua Kali : Mulai
mengerjakan
4. Bel empat kali : Pekerjaan
berakhir
I. Pelaporan / reportasi
kearsipan
Hasil Penilaian Tengah Semester I (PTS I) Kelas VI tahun pembelajaran 2017/2018selengkapnya
diserahkan kepada sekretaris untuk dilaporkan kepada
panitia kegiatan Penilaian Tengah Semester I (PTS I) tingkat Kecamatan Legonkulon.
BAB IV
ANGGARAN KEGIATAN
PENILAIAN TENGAH SEMESTER I
(PTS I) KELAS VI
TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
No
|
Alokasi Anggaran
|
Rincian Anggaran
|
Jumlah (Rp.)
|
1.
|
Konsumsi Rapat Pembentukan
Panitia
|
Rp. 120.000
|
|
2.
|
Penggandaan Naskah Soal PTS I
|
Rp. 324.000
|
|
3.
|
ATK, Administrasi dan
Pelaporan
|
Rp 64.000
|
|
4.
|
Konsumsi Kegiatan
|
Rp. 120.000
|
|
5.
|
Honor Kegiatan
|
Rp. 550.000
|
|
Total Anggaran Kegiatan Rp. 1.178.000
|
Mengetahui RA
KARTINI, 25 Februari 2016
Kepala
Sekolah, Bendahara
Ika Karnika, S.Pd SUHARJA, S.Pd.I
NIP. 196818
199208 1 001 NIP.
19710512 201410 1 001
BAB V
PENUTUP
Setelah melalui proses yang panjang akhirnya
penyusunan buku administrasi ini mencapai bagian terakhir. Dengan segala
harapan agar dapat bermanfaat untuk sebuah tolak ukur dari kinerja pelaksanaan
kegiatan belajar mengajar disekolah kami.
Tak lupa kami mengharapkan berbagai
saran, masukan dan kritik untuk dijadikan sebagai awal penyempurnaan kinerja
kami melalui buku administrasi ini.Terima kasih kepada semua pihak yang telah
membantu dan kepada semua elemen-elemen masyarakat di sekitar kami yang ikut
memberikan support terhadap dunia pendidikan.
Karang Mulya, 23
September 2017
Penyusun
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
UNDANGAN RAPAT PANITIA PTS 1
2.
BERITA ACARA RAPAT PANITIA PTS 1
3.
SK. PANITIA PTS 1
4.
PENGAJUAN DANA KEGIATAN PTS 1
5.
DAFTAR PESERTA PTS 1
6.
DENAH PTS 1
7.
DENAH TEMPAT
DUDUK
No comments:
Post a Comment